Kamis, 15 September 2011

Kompresor angin

Kompresor angin inilah nama alat ini kompresor angin banyak digunakan untuk pompa ban mobil, tambal ban dan penggunaan pengecatan. kretifitas sangat diperlukan untuk membangun suatu peralatan yang kita butuhkan ketika ketersediaan dana terbatas. untuk membuat kompresor angin sendiri kita memerlukan beberapa peralatan yang tidak dipergunakan lagi.
Pada suatu ketika saya harus mengerjakan pengecatan setiap peralatan baik box atau peralatan lain sepeti peralatan tehnik yang perlu dilapisi dengan cat, saya harus membeli cat semprot yang sudah jadi dalam bentuk kalengan kalau dihitung dari segi biaya tentu ini sangat pemborosan, sambil duduk, saya mengamati kompresor bekas penggantian AC yang baru saya kerjakan kemudian timbul ide untuk membuat kompresor angin.
setiap kali tabung R22 atau tabung preon yang sudah kosong saya simpan di gudang. dengan ketersediaan alat ini saya dapat mendesain untuk menggabungkan kedua alat tadi sebagai komponen utama peralatan kompresor angin, kemudian saya berburu alat-alat tambahan untuk mendukung terlaksananya pembuatan alat ini.
pada photo diatas kompresor tampak atas memperlihatkan meter presure terhubung dengan footklep

di dalam gudang saya temukan plat besi yang berfungsi sebagai dudukan tebung preon dan kompresor AC, untuk dudukan ini terserah boleh di buat dari bahan apa saja, untuk mencegah terjadinya angin tolak balik dari tabung preon kembali ke kompresor AC. saya membeli klep kepala sedot mesin air ( footklep ) yang berfungsi mencegah air kembali ketempat sumber air harga alat ini lebih murah ketimbang klep angin untuk mesin kompresor.

demi mendukung agar kompresor angin ini bisa berjalan otomatis saya menambahkan alat automatic presure switch atau saklar tekanan otomatis, cara kerja alat ini ketika tabung angin sudah mencapai tekanan tertentu maka switch ini akan memutus aliran listrik yang terhubung pada kompresor.
keinginan untuk menghasilkan peralatan buatan tangan sendiri kelihatan lebih rapi, dapat kita tambahankan dengan alat-alat berupa konektor pipa AC sebagai sambungan dari kompresor AC ke tabung preon.
Demikianlah sedikit uraian cara pembuatan kompresor angin yang di buat dari bahan-bahan yang tidak terpakai lagi agar dapat di daya gunakan sehingga kita dapat terus berkreatifitas dengan sumber-sumber yang ada di sekeliling kita semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua.






46 komentar:

  1. met malam Om...
    tertarik juga buat kompressor seperti ini...
    tekanan maksimal tabung freon itu berapa ya Om??
    terus kompresor yang uda om buat ini kuat sampai berapa psi tekanannya??
    terimakasih infonya...

    BalasHapus
  2. Tekanan tabung R22 maksimal 10 PSI = 142,5 kgf/Cm2 untuk sementara saya hanya mengisinya setengah dari tekanan maksimum untuk menjaga keawetan perangkat pompa udaranya yaitu bekas kompresor AC.

    BalasHapus
  3. gak kebalik tuh Om?? 1 kgf/cm2=14,25 psi

    BalasHapus
  4. trimakasih koreksinya sebenarnya 10 kgf/cm2 =142,5 PSI

    BalasHapus
  5. bisa di definisikan cara pemasangan sama alat dan bahan y gg gan klo bisa sxln harga y

    BalasHapus
  6. gan klo pake kompresornya kulkas yg bentuknya bulet gmna bisa g?

    BalasHapus
  7. om bisa dirinci gak untuk pemasangannya, semua alat yang dibutuhkan ada semua, tinggal rakitnya neh. email dadisupriadi78@yahoo.co.id sebelumnya thx

    BalasHapus
  8. Keren nich, info dong pertanyaan Doni, dan rinciian spt pertanyaan Dadi, atau sudah buat massal?
    jadi berapa harga 1 unit yg sudah Jadi? dibawah 500 rb kah?

    terima kasih
    Salam
    rintoz.rintoz@gmail.com

    BalasHapus
  9. Info yang menarik, sedang mencari kekauatan tabung freon dapat menahan tekanan berapa PSI dan ketemu blog ini. Berarti tabung freon dapat kami gunakan untuk kebutuhan kami. Harga yang umum untk tabung freon bekas sekitar berapa ya pak? Terima kasih telah berbagi pengetahuan.
    Sukses untuk kita.

    PVCairsoftgun.blogspot.com
    pvcairsoftgun.gmail.com

    BalasHapus
  10. saya sangat tertarik melihat kompresor ini
    kira2 untuk pengerjaannya dan bahan2nya berbaged brapa?
    klo mas jual kisaran berapa???

    BalasHapus
  11. pak,klo saya beli berapa harga ya pak?

    BalasHapus
  12. pak klo belo footklipnya dimana ya dan untuk apa fungsinya

    BalasHapus
  13. cara memsang alat automatic presure switch tu gimana mas? bingung nih

    BalasHapus
  14. salam kenal om...mau tanya om...kalo di kompresor ada kabel trus soketnya dibuka ada pin C, S, R. Yang menunjukkan itu phase, netral dan ground yang mana om yaaa....terimakasih ssebelumnya om...

    BalasHapus
  15. Perkiraan biaya :
    Kompr bekas AC .... Rp. 400.000,-
    Tab Freon bekas AC Rp. 350.000,-
    Alat2 lainnya ..... Rp. 350.000,-
    ----------------------------------
    Total, ............ Rp.1.100.000,-

    Saran :
    Dari data diatas, mendingan beli kompressor angin beneran 0,5 pk, Rp. 1,5jt (new), bekas tambal ban cuma Rp. 500.000,-
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompresor AC bekas ....RP. 400.000
      Tab freon bekas ...........Rp 35.000
      alat lainnya ...................Rp. 50.000 ( gak usah pake automatic presure switch)
      ngelas kuningan ........... Rp. 30.000
      total..............................Rp. 515.000

      klo mo pesen tabung freon gua ada 35.000 aja kalo mo yang sudah jadi tabung isi angin Rb.100 ribu nego banget... tergantung agan-agan ngerayu_nya gimana...... wkwkwk

      telp : 085867303234

      Hapus
  16. Info: Kami berencana mengikuti tutorial bermanfaat ini. Beli tabung freon kosong dapat Rp20rb saja, mungkin kalau kenal baik bisa minta :-) Kompresor bekas kulkas (bisa utk mengganti kompresor AC) sudah tanya diberi harga 250rb. Salam kreatif

    BalasHapus
  17. tadinya sy jg punya pemikiran spt itu, tapi...
    akhirnya beli kompresor baru 3/4 pk merk lakoni imola 75, cuma 700rb. tekanan bisa 8 bar
    tabung lebih tebal / aman & praktis

    BalasHapus
  18. pak maaf.. kalu boleh tanya itu footklep pompa apa aku keliling diperbagai toko ndak ada yg ukuran seperti punya bapak..lau boleh tahu footklep apa itu

    BalasHapus
  19. saya salut juga dgn kreatifitas diatas..., kalau semua dari bahan bekas , kecuali pressure switchnya dan klep serta air coknya..., tidak sampai 300 ribu rupiah....kompressornya beli di besi tua cari kulkas bekas satu pintu....atau dr dispenser panas dingin. harga pressure switch 1 phase cuma 75 ribu...air cok dan klep 50-an ribu..., kaki dan roda beli di besi tua kiloan...

    BalasHapus
  20. aq mau beli, tapi dimana ya pak posisi anda?

    BalasHapus
  21. tabung freon R22 kosong cuma 5.000 di toko sparepart ac

    BalasHapus
  22. ane barusan beli mesin kulkas cuma 120 ribu di PONCOL SENEN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diponcol mananya om?
      Tuh khusus mesin kulkas yah? Klo tabung freonnya disana ada om?
      Thanks

      Hapus
  23. jual kompresor handmade komplit,cocok untuk airbrush tanpa henti.
    350rb.
    083167999032,pekanbaru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pekan barunya dimana gan? bisa COD?

      Hapus
  24. jual kompresor mini cocok buat ngecat dan pompa ban motor darurat pake listrik 12 volt jadi bisa dipasang di ACCU, bisa dibawa di jok motor berat cuman kurang lebih 30 gram. kekuatan 200 psi, kalo di kotaknya sampe 300 psi.

    085867303234 solo.

    BalasHapus
  25. ada yg bisa bikinin kaya ginian gak di bdg? ane pengen terima jadi aja totalnya brp......kalo ada yg bisa kontak 081809311051

    BalasHapus
  26. terima kasih infonya, sangat membantu untuk pekerjaan yang bisa dikerjakan malam hari.
    Kalo pake kompresor yang pake motor (dinamo) suaranya bising ( tetangga bisa bangun nih ...!!!! )
    Kalo pake yang jenis buatan sndiri ini...senyapppp wess..wessss....

    BalasHapus
  27. apakah compresornya tidak terlalu panas kalau dihidupkan terlalu lama,atau capasitornya perlu diperkecil,trims ya..

    BalasHapus
  28. bang..saya sangat terkesan karena bisa menggunakan barang bekas,sdh lama saya mau buat juga ternyata ada juga yg punya ide sama,
    ,dan rencana buat alat untuk semprot busa sabun cuci mobil.trims...

    BalasHapus
  29. aku nyoba kok OUTnya ada airnya ya apa instalasinya salah? mohon koreksi,,,

    BalasHapus
  30. Berapa harga footklep, automatic pressure?

    BalasHapus
  31. nice inpoh gan!! lumayan buat ngecat nih...btw, main ke website ya gan...

    http://www.jualcajonisd.com/

    BalasHapus
  32. Footklep ga usah beli,,,cari aja cop bekas ban dalam motor,,,automatic pressure bisa miliknya regulator gas,,, silakan bereksperimen sendiri,,,ato beli pengaman kompressor yg tanpa jarum,,,kalau dah penuh bisa ngobos sendiri (apa bahasa indonesianya ngobos ya?) :D yg bentuknya seperti tarikan granat itu lho...tu cuma sekitar 25rb an...gunakan kreatifitas anda.....

    BalasHapus
  33. Kami siap beli barang bekas khusus mesin poles lantai dan sejenisnya berbagai merek dan kondisi Whatsapp 08881744517 Pin BB 7575de68

    BalasHapus
  34. permisi gan ane mau tanya nih misalkan itu tabung udah terisi penuh bagaimana cara settingnya supaya mati sendiri dan apabila tabung sudah kosong bagaimana supaya itu tabung terisi kembali secara otomatis gan, dan bagaimana cara kita mengetahui berapa ukuran maksimal tabung tersebut dan bagaimana caranya di setting supaya kompresor mati di tekanan tertentu.

    (Dimohon infonya)
    Terimakasih, salam kreatifitas untuk kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai otomatis tekanan angin gan. harga 100 ribuan. Tapi jika menggunakan otomatis tekanan harus menggunakan Fottklep Kompresor. Sebenarnya klep pada mesin sudah ada tapi untuk menjaga keawetan mesin harus menggunakan fottklep angin tambahan.

      Hapus
  35. gan saya baru buwat tp saya memakai kompresor kulkas dan tabung nya menakai tabung LPG 3kilo an.tp saya masi bingung gmna supaya bisa mati dan nyala sendiri.yang saya belom tau berapa bar kekuatan tabung Lpg nya takut mletus

    BalasHapus
  36. Iseng2 pengen nge'airbrush, saya br saja beli kompresor second merk wip** 9KD yg menggunakan motor 1 phase, kebetulan listrik di kost saya 450 watt, jd jeglek mulu, otomatis kompresor nya gk bs dipake. trus saya ganti mesinnya pake kompresor kulkas (freezer) dan listriknya pun normal. Permslhnnya, kok ngisi angin ditabung lama yah (butuh waktu stngh jam lebih). tp saya rasa instalasi sdh benar dan sdh saya cek berkali2 tdk ada k'bocoran. yg ada masukan/saran tolong kasi pencerahannya yaah. :D

    BalasHapus
  37. Yang keren, kok cuma ada satu jalur inlet ke tangki aja.
    Jalur untuk outlet dari tangki ke sprayer kok gak ada,
    yang terlihat hanya jalur dari otomatis

    BalasHapus
  38. ada yang jual seperti ini di daerah jakarta?
    mohon contact saya 081291035853

    BalasHapus
  39. keren kreatif
    mampir di blog ane gan blogekarya.blogspot.com
    ane juga punya kompressor kayak gitu

    BalasHapus
  40. Ane barusan beli kompresor bekas kulkas di pasar klithikan/loak, 150 rb kemahalan gak ya...? Untuk tabung freon nya free/gratis.. dikasih teman. Tinggal beli meter pressure ama automatic switch nya.

    BalasHapus
  41. ada yang butuh compressor baru/bekas (belum pernah pakai).. 110 ~ 220 V..
    stock ada 200an gan.. bisa pilih.. hub 082111455644.. thx

    BalasHapus