Rabu, 13 Juli 2011

Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS )


PLTS ( pembangkit listrik tenaga surya )

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS komponen utamanya adalah Solar cell atau Penel Surya atau Solar panel saat ini menjadi hal yang dibutuhkan orang seiring dengan perkembangan dunia dimana cadangan minyak bumi semakin menipis. Solar sel atau solar panel atau Panel surya dalam penggunaan sekala besar masih tergolong cukup mahal namun dalam 5 sampai 10 tahun kedepan Solar sel atau Solar panel atau Panel surya harga perwatnya semakin murah.

Kita bisa menggunakan solar panel atau solar sel  yang merupakan komponen utama penangkap energi sinar matahari. Dalam prosesnya energi matahari ini diubah menjadi energi listrik melalui suatu perangkat Regulator yang output nya disalurkan pada accu dimana besaran tegangan listrik dan arusnya bergantung pada besaran daya dan tegangan dari solar panel atau solar sel atau Panel surya tersebut.

1 Unit Perangkat Solar Sel & Kelengkapannya untuk Mesin Pompa Air
( Belum Dirakit )

1 Unit Perangkat Solar Sel & Kelengkapannya untuk Mesin Pompa Air
( Siap Dipasang )

Box Kontrol Inverter & Regulator

Penerapan teknologi solar sel ini tidak hanya sekedar untuk penerangan saja tapi dapat diaplikasikan juga pada banyak sistem, seperti untuk keperluan mesin pompa air, mesin jahit listrik, televisi, bor listrik, rice cooker, kulkas, AC, mesin cuci, serta alat rumah tangga lainnya yang menggunakan listrik. Namun, untuk menghidupakn perangkat listrik seperti disebutkan diatas, tegangan dari accu yang sebesar 12 Volt DC harus dinaikkan lagi menjadi 220 Volt melalui suatu alat yaitu Inverter.

Energi surya

Karena kebanyakan energi terbaharui pusatnya adalah "energi surya" istilah ini sedikit membingungkan. Namun yang dimaksud di sini adalah energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari.
Tenaga surya dapat Digunakan untuk:
  • Menghasilkan listrik Menggunakan sel surya
  • Menggunakan menghasilkan pembangkit listrik tenaga panas surya
  • Menghasilkan listrik Menggunakan menara surya
  • Memanaskan gedung, secara langsung
  • Memanaskan gedung, melalui pompa panas
  • Memanaskan makanan, Menggunakan oven surya


Jelas matahari tidak memberikan energi konstan untuk setiap titik di bumi, sehingga penggunaannya terbatas. Sel surya sering digunakan untuk daya baterai, karena kebanyakan aplikasi lainnya akan membutuhkan sumber energi sekunder, untuk mengatasi padam. Beberapa pemilik rumah menggunakan tata surya yang menjual energi ke grid pada siang hari, dan menarik energi dari grid di malam hari, inilah keuntungan untuk semua orang, karena permintaan listrik AC tertinggi pada siang hari.

Sel surya

Sel surya atau sel photovoltaic atau Solar sel atau Solar panel adalah sebuah alat semi konduktor yang terdiri dari sebuah wilayah-besar dioda p-n junction di mana, dalam hadirnya cahaya mata hari mampu menciptakan energi listrik yang berguna. Pengubahan ini disebut efek photovoltaic. Bidang riset berhubungan dengan sel surya dikenal sebagai photovoltaics
Sel surya memiliki banyak aplikasi. Mereka terutama cocok untuk digunakan bila tenaga listrik dari grit tidak tersedia, seperti di wilayah terpencil,satelit pengorbit bumi, kalkulator genggam, pompa air, dll. Sel surya (dalam bentuk modul atau panel surya) dapat dipasang di atap gedung di mana mereka berhubungan dengan inverter ke grid listrik dalam sebuah pengaturan net metering

Panel Sel Surya / Solar Sel 100 wp

Salah satu produk Solar Sel yang kami pakai


Regulator Solar Sel 10 Ampre




Panel surya

Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik Mereka disebut surya atau matahari atau "sol" karena matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic  photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.
Jumlah penggunaan panel surya di porsi pemroduksian listrik dunia sangat kecil, tertahan oleh biaya tinggi per wattnya dibandingkan dengan bahan bakar fosil- dapat lebih tinggi sepuluh kali lipat, tergantung keadaan. Mereka telah menjadi rutin dalam beberapa aplikasi yang terbatas seperti, menjalankan "buoy" atau alat di gurun dan area terpencil lainnya, dan dalam eksperimen lainnya mereka telah digunakan untuk memberikan tenaga untuk mobil balap dalam kontes seperti tantangan surya dunia di Australia
Sekarang ini biaya panel listrik surya membuatnya tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari di mana tenaga listrik "kabel" telah tersedia. Bila biaya energi naik dalam jangka tertentu, atau bila penerobosan produksi terjadi yang mengurangi ongkos produksi panel surya, ini sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat.
Pada 2001 Jepang telah memasang kapasitas 0,6 MWp tenaga surya puncak, sementara itu Jerman memilik 0,26 MWp dan Amerika serikat 0,16 MWp. Pada saat ini tenaga listrik surya seluruh dunia kira-kira sama dengan yang diproduksi oleh satu kincir angin  bear. Di AS biaya pemasangan panel surya ini telah jatuh dari $55 per watt puncak pada 1976menjadi $4 per watt peak di 2001
Bagi anda yang berminat untuk menggunakan plts didaerah anda khususnya di wilayah Kalimantan Barat dapat menghubungi kami melalui :

CV.Raja Inti
Hp: 08152203357

1 komentar: